Puncak P5 KB TK Islam Al Azhar 22 Semarang

Apa itu P5?

P5 atau yang dikenal sebagai Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah program pendidikan yang bertujuan untuk membentuk karakter pelajar yang berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila. Kegiatan P5 bertujuan mengembangkan kompetensi siswa melalui berbagai proyek yang menantang, kreatif, dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Di akhir kegiatan P5, terdapat sebuah acara puncak yang menyajikan hasil karya serta refleksi atas pengalaman yang didapat selama proses belajar.

Kegiatan Puncak P5: Mengintegrasikan Pembelajaran dengan Kehidupan Nyata

Acara puncak P5 merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh seluruh siswa dan guru. Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang untuk memamerkan hasil karya dari setiap kelompok siswa, tetapi juga menjadi kesempatan untuk menilai sejauh mana siswa dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa komponen utama dalam kegiatan puncak P5:

  1. Presentasi Proyek
    Siswa akan mempresentasikan hasil proyek yang mereka kerjakan selama periode P5. Setiap kelompok akan menjelaskan proses, tantangan, serta solusi yang ditemukan dalam proyek mereka. Ini adalah kesempatan untuk menunjukkan kemampuan dalam berpikir kritis, kolaborasi, dan komunikasi.
  2. Pameran Hasil Karya
    Hasil karya proyek, seperti karya seni, model inovatif, atau bahkan aplikasi digital, akan dipamerkan dalam ruang pameran yang disusun dengan menarik. Pengunjung (termasuk orang tua dan masyarakat) dapat mengunjungi setiap stan untuk melihat lebih dekat apa yang telah siswa hasilkan, sambil mendengarkan penjelasan tentang makna dan tujuan dari proyek tersebut.
  3. Diskusi Panel dan Refleksi
    Setelah presentasi, akan ada sesi diskusi panel yang melibatkan siswa, guru, dan bahkan pakar atau praktisi dari luar sekolah. Diskusi ini bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang bagaimana nilai-nilai Pancasila dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, serta bagaimana pembelajaran berbasis proyek ini membentuk kepribadian dan kemampuan siswa.
  4. Penilaian Holistik
    Penilaian tidak hanya fokus pada hasil akhir proyek, tetapi juga mencakup proses, kolaborasi, dan refleksi yang dilakukan oleh setiap kelompok. Dengan pendekatan ini, diharapkan siswa dapat lebih memahami pentingnya setiap tahap dalam bekerja dan belajar, serta meningkatkan keterampilan yang lebih luas dari sekadar pengetahuan akademik.
  5. Pemberian Penghargaan
    Sebagai bentuk apresiasi terhadap usaha dan kreativitas siswa, acara puncak P5 juga diakhiri dengan pemberian penghargaan. Penghargaan ini tidak hanya diberikan kepada proyek terbaik, tetapi juga untuk kelompok yang menunjukkan semangat kerja tim, inovasi, serta kemampuan untuk mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam proyek mereka.

Manfaat Kegiatan Puncak P5

  1. Mengasah Keterampilan 21st Century Skills
    Melalui proyek yang dilakukan, siswa dapat mengasah keterampilan abad 21 seperti kreativitas, komunikasi, kolaborasi, dan berpikir kritis.
  2. Membangun Karakter Pancasila
    Kegiatan P5 ini membantu siswa lebih memahami dan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila, yang nantinya akan membentuk mereka menjadi pribadi yang memiliki integritas, gotong royong, dan peduli terhadap lingkungan sekitar.
  3. Menghubungkan Pembelajaran dengan Dunia Nyata
    Melalui pendekatan berbasis proyek, siswa dapat melihat bagaimana ilmu yang dipelajari di sekolah dapat diterapkan untuk menyelesaikan masalah nyata yang ada di sekitar mereka.

Kesimpulan

Kegiatan puncak P5 bukan hanya sekadar ajang pamer hasil belajar, tetapi juga sebagai wadah untuk menumbuhkan semangat kolaborasi, kreativitas, dan refleksi. Ini adalah kesempatan bagi siswa untuk melihat sejauh mana mereka dapat berkontribusi terhadap perubahan sosial, sekaligus memperdalam pemahaman mereka tentang nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya mendidik siswa dalam aspek akademik, tetapi juga dalam aspek karakter dan keterampilan hidup yang sangat penting di dunia yang terus berubah ini.

sebagai model sekolah islam terbaik, Pada Jumat 21 Februari 2025 KB TK Islam Al Azhar 22 telah melaksanakan puncak P5 dengan kegiatan gelar karya dari bahan daur ulang, kegiatan ini diikuti antusias oleh seluruh murid KB TK Islam Al Azhar 22 Semarang dan Orang Tua Murid. Acara dibuka dengan ikrar, kemudian dilanjut berdoa bersama dan pembukaan.

sambutan disampaikan oleh Ibu Umu Chasanah selaku KaUr. Kurikulum. setelah acara sambutan siswa dan orang tua murid masuk kedalam kelas untuk kegiatan selanjutnya. siswa melakukan presentasi didepan kelas kemudian orang tua murid mendengarkan setelah selesai ananda diberi apresiasi karya.

selanjutnya hasil apresiasi karya siswa kemudian didonasikan kepada warga kurang mampu disekitar lingkungan sekolah KB TK Islam Al Azhar 22 Semarang

Yuk Ayah Bunda segera daftarkan putra dan putrinya. info PMB Hub. :

TU : 0857 1346 5583

Adm : 08 23 24 22 8880