Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Pendampingan dan Pengawasan Profesional
Apa Itu Supervisi Sekolah?
Supervisi sekolah adalah proses pembinaan, pengawasan, dan evaluasi yang dilakukan secara terstruktur untuk meningkatkan mutu pembelajaran, profesionalisme guru, serta manajemen sekolah secara keseluruhan.
Tujuan utama supervisi adalah memastikan kegiatan belajar mengajar berjalan efektif, efisien, dan sesuai dengan standar pendidikan yang telah ditetapkan. Untuk sekolah Al Azhar sendiri ada supervisi khusus dari Al Azhar pusat sebagai bentuk menjaga kesetaran kualitas, sebagai pelopor sekolah KB TK Islam terbaik di Kota Semarang
Tujuan Supervisi Sekolah
π― Meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas
π― Membina dan mendampingi guru dalam melaksanakan tugas profesional
π― Menilai kinerja guru dan staf sekolah secara objektif
π― Menyediakan umpan balik untuk perbaikan berkelanjutan
π― Menjamin tercapainya standar nasional pendidikan
Jenis Supervisi yang Dilakukan
π Supervisi Akademik
Fokus pada proses pembelajaran di kelas, mencakup:
- Perencanaan pembelajaran (RPP, silabus, dll)
- Pelaksanaan proses belajar mengajar
- Evaluasi hasil belajar siswa
π οΈ Supervisi Manajerial
Fokus pada aspek tata kelola sekolah, mencakup:
- Administrasi sekolah
- Manajemen sarana prasarana
- Keuangan dan pelaporan
- Kepemimpinan kepala sekolah
- Iklim dan budaya sekolah
Siapa yang Melakukan Supervisi?
Supervisi dilakukan oleh:
π€ Kepala Sekolah
π₯ Wakil Kepala Sekolah
π Tim Supervisi Sekolah (terdiri dari guru senior atau pengawas)
Semua proses dilaksanakan dengan pendekatan pembinaan, bukan hanya penilaian, sehingga guru dan staf merasa didampingi dalam upaya perbaikan, bukan diawasi secara kaku.
Proses Supervisi
- Perencanaan Supervisi
- Penyusunan jadwal dan instrumen supervisi
- Penentuan tujuan dan indikator yang akan diamati
- Pelaksanaan Supervisi
- Observasi langsung ke dalam kelas
- Wawancara dan pengumpulan dokumen pendukung
- Diskusi reflektif dengan guru
- Tindak Lanjut
- Pemberian umpan balik
- Rekomendasi perbaikan
- Pemantauan hasil perbaikan
Komitmen Sekolah
Sekolah kami berkomitmen untuk melaksanakan supervisi secara berkelanjutan, objektif, dan konstruktif. Dengan demikian, kualitas pembelajaran terus meningkat, guru menjadi lebih profesional, dan siswa mendapatkan pengalaman belajar terbaik.